Minggu, 16 Maret 2014

Kuliner Surabaya Lontong Balap

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, Indonesia kaya dengan makanan Khas yang tidak ada di negara manapun. salah satunya makanan Lontong Balap.Hari ini saya mencoba kuliner makanan khas Jawa Timur lagi, tepatnya di Surabaya. 
Makanan Favorit khas di Surabaya.  bahan dasar sangat mudah yaitu Lontong yang di iris-iris , lentu (olahan ubi), kecambah (tauge),dan yang terpenting adalah bumbu petis udah yang membuat citra rasa berbeda dengan makanan lain.
kadang saya berfikir, mengapa namanya Lontong Balap?????  apa makannya sambil balapan? 
ternyata sejarahnya hanya karena penjualnya berebut untuk mendapatkan tempat ( lapak) untuk berjualan di pinggir jalan pasar wonokromo( pasar yang dulunya ramai di surabaya) sekarang nama pasarnya DTC ( darmo trade Center).sehingga penjualnya itu seperti balapan untuk cari tempat. dan menu yang dijual adalah lontong dan campuran sayur. itulah asal muasal nama Lontong Balap.
disurabaya sudah banyak warung, atau restoran sekalipun yang menyajikan menu Lontong Balap.
       saya mencoba makan di salah satu tempat jualan Lontong Balap yang sangat terkenal di Surabaya.nama tempatnya Lontong Balap pak Gendut. 
awalnya pak gendut ini berjualan di Jalan garuda gerobak di pinggir jalan.tapi sekarang sudah pindah ke JL. raya prof.DR. Moestopo, persis di depan kantor PDAM Surabaya, dan sudah berbentuk warung atau depot makanan
Biasanya  saya langsung memesan menu khas tempat  ini. Lontong Balap, pakai Lentu sedikit, kuah banyak, tambah 10 sate kerang dan minumnya es Degan gak pake gula.waw..... lumayan banyak ya????
ternyata bukan hanya saya yang doyan makan sebanyak itu. pengunjung yang lain juga sama bahkan lebih banyak menu diatas mejanya.dengan menu lontong balap yang super pedas uhhhhhhhh pengunjung lahap menghabiskan semua yang ada diatas mejanya masing2, termasuk saya juga.


makanan ini sangat saya sukai, alasannya gampang. karena banyak sayurnya.dan sedikit karbohidratnya, sehingga walaupun saya pesan sebanyak itu pasti habis.
makanan yang pas bagi orang diet, atau vegetarian.. kalo anda berkunjung ke Surabaya kuliner yang harus coba Menu LONTONG BALAP ini. 
selamat menikmati kulines khas suroboyo....

                                                                                            by. Fida YuMe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar